Friday, June 26, 2015

Jual Buku Maqam-Maqam Sufi dalam Al-Qur'an oleh Dr. Hadi Mutamam, M.Ag

Maqam-Maqam Sufi dalam Al-Qur'an oleh Dr. Hadi Mutamam, M.Ag
Tebal : xii + 178 Hal.
harga Rp 25.500
penerbit Al Manar

Kajian dalam buku ini memberikan harapan positif dalam peradaban manusia karena menuntun manusia untuk menjadi seorang hamba Allah yang lebih sempurna dengan bermacam-macam pengetahuan dan pengalaman rohani yang benar. Setiap saat membangun rohani dengan ilmu dan mengisi waktu dengan amaliah lahir (syariah) dan amaliah batin (zikir) terus menerus tanpa putus.

Sebagai bagian dari tradisi keilmuwan Islam, konsep Maqam dalam ajaran tasawuf selalu mengambil Al-Quran sebagai salah satu rujukan utamanya. Keniscayaan tersebut menyebabkan ada sebagaian kalangan intelektual Islam memfokuskan diri menulis kitab tafsir yang berkaitan dengan muatan-muatan ajaran tersebut, seperti kitab Tafsir Mafatih al-Ghaib yang ditulis oleh imam Fakhr al-Raziy.

Tafsir Mafatih al-Ghaib adalah kitab yang dikarang oleh Fakhr al-Raziy yang banyak disoroti oleh para pakar ke-Islaman seperti Rasyid Ridha. Dia secara gamblang menjelaskan bahwa Fakhr al-Raziy merupakan imam dari para ahli pikir mutakallimin dan ushuluddin pada masanya, sehingga dapat diakui sampai ke akhir hayatnya.

Oleh karena itu. buku ini hadir untuk mengkaji konsepsi Maqam dalam Tafsir Mafatih al-Ghaib karangan Fakhr al-Raziy dengan pendekatan Tafsir Maudhu'i yang meliputi bagaimana gambaran umum tentang Maqam dalam dunia tasawuf, pokok-pokok pikiran Fakhr al-Raziy tentang Maqam dan interpretasi ayat-ayat tentang Maqam dalam kitab Tafsir Mafatih al-Ghaib.

No comments:

Post a Comment