Tuesday, August 18, 2015

Jual Buku Catatan Seorang Demonstran oleh Soe Hok Gie

Catatan Seorang Demonstran oleh Soe Hok Gie
harga Rp 65.000
Penerbit : LP3ES

Catatan Seorang Demonstran Sebuah buku tentang pergolakan pemikiran  seorang pemuda, Soe Hok Gie. Dengan detail menunjukkan luasnya minat  Gie, mulai dari persoalan sosial polotik Indonesia modern, hingga  masalah kecil hubungan manusia dengan hewan peliharaan. Gie adalah  seorang anak muda yang dengan setia mencatat perbincangan terbuka dengan  dirinya sendiri, membawa kita pada berbagai kontradiksi dalam dirinya,  dengan kekuatan bahasa yang mirip dengan saat membaca karya sastra  Mochtar Lubis.Gie, banyak menulis kritik-kritik yang keras di koran-koran, bahkan  kadang dengan menyebut nama. Dia pernah mendapat surat kaleng yang  memaki-maki dia  Cina yang tidak tahu diri, sebaiknya pulang ke  negerimu saja. Ibunya pun sering khawatir karena langkah-langkah Gie  hanya menambah musuh saja.

Soe Hok Gie bukanlah stereotipe tokoh panutan atau pahlawan yang kita  kenal di negeri ini. Ia adalah pecinta kalangan yang terkalahkan dan  mungkin ia ingin tetap bertahan menjadi pahlawan yang terkalahkan, dan  ia mati muda.

Semangat yang pesimis namun indah tercermin dimasa-masa akhir hidup juga  terekam dalam catatan hariannya : Apakah kau masih disini sayangku,  bicara tentang anjing-anjing kita yang nakal dan lucu.

No comments:

Post a Comment