Thursday, August 6, 2015

Jual Buku Hara Kiri; Bunuh Diri Ala Jepang oleh Jack Seward

Hara Kiri; Bunuh Diri Ala Jepang oleh Jack Seward
harga Rp 35.000
penerbit Ghalia Indonesia
 
Sejarah sosial Jepang di timur Asia penuh dengan keunikan, yang bahkan menimbulkan "sedimentasi kultural" yang nyata. Religi Budhisme (yang berbaur dengan Zen) adlah salah satu elemen yang mampu mengendapkan "sistem nilai Bushido" yang menjadi penumpu etos rakyat Jepang.

Salah satu sintesis kultural rakyat Jepang - yang menjadi pendorong semangat bertarung - dapat terlihat dalam "hara-kiri" (Seppuku, upacara bunuh diri kaum ksatria Jepang) yang telah hidup dan terus menunjukan kesetiannya kepada sejarah kebangsaannya.

Eksistensi "hara-kiri" telah diuji oleh sejumlah peneliti asing (menurut visinya masing-masing). Telaah yang barangkali paling intens adalah hasil observasi Jack Seward, ahli ketimuran yang pernah menjadi "intel istimewa" bagi pihak militer sekutu yang beroperasi di Jepang tahun 1945. Ramuan tulisannya dimulai sejak zaman feodal sampai restorasi Meiji, dan melibatkan komparasi di penghujung abad. Deskripsi tentang masyarakat tradisional serta feodal hingga zaman keruntuhannya saat memasuki modernissi, adalah kontribusi yang sangat berharga bagi pembaca awam.

No comments:

Post a Comment