Friday, August 28, 2015

Jual Buku ISLAM GARIS KERAS; Melacak Akar Gerakan Fundamentalis [Islamic Fundamentalism] oleh YOUSSEF M. CHOUEIRI

ISLAM GARIS KERAS; Melacak Akar Gerakan Fundamentalis [Islamic Fundamentalism] oleh YOUSSEF M. CHOUEIRI
harga Rp 50.000
Cetakan pertama 2003
tebal 347 hlm
Penerbit: Qonun

Fundamentalisme Islam adalah sebuah istilah yang kabur dan akhir-akhir ini sering digunakan untuk menyebut sistem pemikiran ideologi militan gerakan-gerakan politik Islam kontemporer di negara-negara Muslim berkembang, seperti Indonesia, Afganistan, Mesir, Aljazair, India dan negara-negara Muslim lainnya.

Fundamentalisme tidaklah secara sederhana dipahami sebagai ciri-ciri dari seorang yang fanatik atau tradisionalis. Bertentangan dengan keyakinan umum, fundamentalisme merupakan sebuah usaha sungguh-sungguh yang diilhami oleh sikap serta determinasi para aktifisnya untuk melawan penyelewengan-penyelewengan yang merajalela di lingkup wilayah negaranya masing-masing.

Fundamentalisme Islam bukan pula sebuah kelompok literalis yang ketat dalam memegang ikatan tradisi dari kitab suci. Namun secara intelektual dan politik, fundamentalisme Islam justru sangat mendukung upaya interpretasi kreatif terhadap teks suci, kendati memang ada penafsiran tertentu yang bersifat non-kritis, apologetis serta didaktis.

Buku ini, mengulas secara kritis akar historis munculnya gerakan fundamentalisme dalam Islam, meliputi gerakan-gerakan revivalisme, reformisme dan radikalisme sebagai sebuah entitas yang ikut andil dalam membentuk sebuah opini "Islam garis Keras" dikaji pula sejarah asal, lingkungan sosio-politik serta kerangka konseptual referensinya.

No comments:

Post a Comment