Monday, August 17, 2015

Jual Buku Mencari Cinta oleh Muhidin M. Dahlan

Mencari Cinta oleh Muhidin M. Dahlan
harga Rp 25.000
penerbit Pustaka Sufi

Pencarian cinta adalah pencarian abadi seorang manusia berbudaya untuk menemukan inti kehidupan. Dalam proses pencarian itu, orientasi manusia terbelah menjadi dua; yang pertama berusaha untuk dicintai dan yang kedua bekerja tanpa kenal lelah untuk mencintai.

Menurut buku ini, mereka yang berusaha untuk dicintai adalah orientasi yang sakit. Sebab disana, kualitas individu tidak lagi ditentukan oleh individu itu sendiri, melainkan orang lain yang berada di luar diri. Boleh jadi kita mendapatkan cinta yang kita kejar-kejar dengan segala daya-upaya itu. Tapi itu sifatnya hanya sementara. Dan pada akhirnya kita akan kecewa manakala mereka yang kita harapkan cintanya itu menarik mandat cintanya karena ukuran kualitas kita sudah digeser oleh sesuatu yang lain -- yang lebih muda, fress dan ohoii, keinginan untuk dicintai adalah penyakit yang membawa kekecewaan yang tiada akhir.

Untuk tidak dilanda kekecewaan karena cinta, maka harus dibalik --bukan lagi kita menjadi pusat cinta, tapi bagaimana kebahagiaan itu kita peroleh dari apa yang kita cintai. Kita harus berlajar mencintai. Cuma sayang, kita menemukan sedikit sekali literatur yang berisi pelajaran untuk mencintai. Kebanyakan buku-buku mutakhir mengajarkan kita untuk dicintai.

Barangkali buku kecil ini bisa mengisi satu celah kekosongan itu. Buku ini mengajak kita untuk merenung barang sedikit; sudah pada tahapan mana cinta yang kita pahami dan sekaligus anut selama ini. Apakah masih pada level cinta erotis [erotic love], cinta rasional [rational love], cinta romantis [romantic love], atau mungkin sudah berenang dalam cahaya cinta agape [God Love].

No comments:

Post a Comment