Monday, August 17, 2015

Jual Buku Menggugat "Tuhan Yang Maskulin" oleh Kaukab Siddiqui

Menggugat "Tuhan Yang Maskulin" oleh Kaukab Siddiqui
Penerbit: Paramadina, 2002
Tebal: 200 halaman
harga Rp 45.000

Apakah Allah itu laki-laki atau perempuan? Lalu apakah "hanya laki-laki yang menerima wahyu"? Pertanyaan-pertanyaan semisal dimunculkan oleh Kaukab Sidddique dalam buku ini. Kita tahu bahwa mengajukannya saja pertanyaan semacam itu adalah hal yang tabu, namun Kaukab justru mengulasnya dengan tuntas. Pertanyaan itu harus dijawab karena itulah yang selama ini "mengganjal" dan menjadi tulang punggung "agama laki-laki" un menindas perempuan.

Jika perempuan hendak dibebaskan, maka iman yang male oriented harus direkonstruksi. Tak boleh ada Tuhan yang berpihak ke salah satu jenis kelamin, karena Tuhan sendiri, kata Kaukab, tidak maskulin dan tidak pula feminin. Sementara sifat-Nya sendiri mencakup keduanya.

Selain memuat artikel-artikelnya pribadi, buku ini juga memuat tulisan-tulisan lain dari para aktifis perempuan, yang menyuarakan suara kaum perempuan. Buku ini memang bukan buku baru, tetapi tema-tema yang diangkatnya, selain masih tetap aktual, juga menggelitik dan mengundang penelitiaan lebih lanjut.

No comments:

Post a Comment