Sunday, April 26, 2015

Jual buku Kebudayaan Sosialis oleh Soedjatmoko

Judul: Kebudayaan Sosialis
Penulis: Soedjatmoko
Penerbit: Melibas, 2004
Tebal: 271 halaman
Harga : Rp 45.000 [belum ongkir]
 
Buku kumpulan karangan Soedjatmoko yang diterbitkan kembali pada tahun 2001.  Buku ini merupakan percikan pemikiran visioner Soedjatmoko yang tercecer di berbagai jurnal maupun kertas pidato yang disampaikan dalam berbagai momentum dan konferensi yang kemudian disusun sedemikian rupa hingga membentuk satu alur.
Buku yang dibuka dengan konsepsi Soedjatmoko tentang apa yang disebut kebudayaan sosialis, khususnya sosialisme kerakyatan di bagian prolog. Bagi Soedjatmoko, kebudayaan sosialisme kerakyatan berbeda sama sekali dengan kebudayaan proletariat (proletkult).
“Dalam paham sosialisme kerakyatan, manusia itulah yang menjadi tujuan dan dasar dari segala langkah perjuangan. Sebab itulah, maka sosialisme kerakyatan, dalam perjuangan menuju ke pembinaan masyarakat sosialismenya, sangat memperhatikan dan memperhitungkan faktor kebudayaan.”
“Membaca tulisan Soedjatmoko, hampir selalu berarti bergerak dalam pemikiran yang membentang luas dan berhadapan dengan masalah-masalah besar….. Aksen dalam tulisan-tulisannya, bukanlah pada usaha membangun sistem pemikiran atau mengadakan pembaruan dan penerobosan dalam suatu disiplin ilmu, melainkan kesungguhan menghadapi persoalan.” (Ignas Kleden, Penulis dan Sosiolog)

No comments:

Post a Comment