Friday, August 28, 2015

Jual Buku Dasar - Dasar Hukum Normatif : Prinsip-prinsip Teoretis Untuk Mewujudkan Keadilandalam Hukum & Politik oleh Hans Kelsen

Dasar - Dasar Hukum Normatif : Prinsip-prinsip Teoretis Untuk Mewujudkan Keadilandalam Hukum & Politik oleh Hans Kelsen
Harga Rp 75.000
tebal : viii + 488 hlm
ukuran : 16 x 24 cm
Penerbit  Nusa Media

Buku ini, Dasar-Dasar Hukum Normatif : Prinsip-Prinsip Teoritis untuk Mewujudkan Keadilan dalam Hukum dan Politik, merupakan terjemahan dari karya Hans Kelsen yang berjudul What is Justice ? : Justice, Law, and Politics in the Mirror of Science. Buku ini membahas masalah keadilan dalam hubungannya dengan hokum, filsafat, politik dan ilmu pengetahuan. Dalam bab-bab awal, Kelsen mengeksplorasi sebagai usaha pencarian jawab atas pertanyaan : apakah keadilan itu, mulai dari pemikiran Plato, Aristoteles, doktrin-doktrin dalam Kitab Suci, sampai pemikiran-pemikiran terbaru di masa sekarang. Eksplorasi itu dipaparkan guna membangun pemahaman yang ideal tentang keadilan yang bias berlaku di mana saja dan kapan saja. 

Dalam bab-bab selanjutnya, Kelsen menyajikan tema-tema mendasar yang sangat menarik untuk dikaji; Doktrin hukum alam dipandang dari sudut ilmu pengetahuan, teori hukum alam, absolutisme dan relativisme dalam filsafat dan politik, pertimbangan nilai dalam ilmu hukum. Dia menganalisis struktur hukum positif dari sebuah realitas dan bukan dari sudut pandang metafisika. Dia memperlihatkan berbagai hubungan yang diperlukan ilmu pengetahuan positif umumnya dan logika positisme khususnya dengan nilai-nilai teori relativistis dan dia menganjurkan paralelisme antara nilai-nilai dan demokrasi dalam teori tertentu, dan pada sisi lain dia juga menganjurkan kondisi paralel yang sama antara keyakinan dalam nilai-nilai absolut dan otokrasi. Akhirnya, dia mengkaji perbedaan antara ilmu alam dan ilmu sosial dalam hal pengetahuan dan karakter yang diperlihatkan sebagai landasan metodologis dari dua prinsip fundamental ; kausalitas dan keterhubungan.

No comments:

Post a Comment