Tuesday, August 25, 2015

Jual Buku Filsafat Hukum Perspektif Historis oleh Carl Joachim Friedrich

Filsafat Hukum Perspektif Historis oleh Carl Joachim Friedrich
Harga Rp 56.500
tebal xii+365 hlm
Penerbit Nusa Media

Buku ini merupakan usaha Carl Joachim Friedrich untuk menghadirkan kajian tentang filsafat hokum dalam perspektif historisnya. Usaha semacam ini mengharuskan sang penulis untuk melakukan pemilihan secara cermat terhadap bertumpuk-tumpuk materi dan pendapat yang telah ada. Dalam usahanya ini Joachim menggunakan alat pengukur yang relative obyektif, sehingga tema-tema yang disajikan merupakan pokok bahasan yang sangat penting dalam ranah filsafat hokum. 

Buku langka ini dibagi menjadi dua bagian ; 

Bagian Pertama, Perkembangan Sejarah, membahas asal usul, perkembangan dan pasang surutnya filsafat hukum. Keseluruhan bab ( semuanya 19 bab ) dalam bagian ini berusaha mengelaborasi hokum dalam pandangan madzab-madzab besar filsafat dan para filsuf terkemuka. Aliran-aliran besar yang pandangannya tentang hokum dibahas dalam buku ini meliputi : Stoicisme, Relativisme, Formalisme, Skeptisisme dan juga Perjanjian Lama. Sedangkan filsuf-filsuf yang memikirkannya dikaji adalah : Plato, Aristoteles, St.Agustine, Thomas Aquinas, Bodin, Althusius, Grotius, Thomas Smith, Richard Hoocker, James I, Edward Coke, F Bacon, Hobbes, Locke, Montesquieu, Spinoza, Wolf, Rousseau, Kant, Hegel, Marx, Engels, Ihering dan Stammler. 

Bagian Kedua, Analisis Sistematis ( terdiri dari 5 bab ) menghadirkan beberapa topic mendasar di bidang filsafat hokum: Keadilan, Kesetaraan, dan Orang Awam; Hukum Kekuasaan dan Legitimasi; Hukum dan Ketertiban; Hukum Konstitusi sebagai Dasar Sistem Hukum; Kedamaian dan Komunitas Hukum Dunia. Disertai juga dua lampiran penting : (1) Hukum dan Sejarah; (2) Komentar tentang Pandangan Leewelyn mengenai Hukum, Perilaku Pejabat, dan Ilmu Politik. 

Buku Filsafat Hukum Perspektif Historis wajib dibaca oleh mahasiswa Fakultas Hukum dan Fakultas Filsafat. Karena sifatnya yang elementer dan bahasanya mudah dicerna, buku ini juga dapat dipelajari oleh siapapun yang tertarik dengan wacana ini.

No comments:

Post a Comment