Tuesday, August 25, 2015

Jual Buku KUHAP dalam Prospektif oleh Prof.Dr.Indriyanto Seno Adji,SH,MH

KUHAP dalam Prospektif oleh Prof.Dr.Indriyanto Seno Adji,SH,MH
Harga Rp 85.000
penerbit Diadit Media

Dalam menghadapi perkembangan masyarakat dinamis, peran pembaruan Hukum Pidana ( Acara ) yang memiliki arah ekstensif harus tetap dianggap sebagai "Primary Science " untuk berbagi kajian solusi terhadap persoalan praktek peradilan maupun sistem peradilan pidana. Beberapa kelemahan KUHAP, seperti gangguan hubungan klasik tahap " Pra Penuntutan " antara Penyidik dan Penuntut Umum, kewenangan upaya paksa dan tiadanya kontrol dalam kaitan penangkapan/penahanan, lemahnya lembaga Pra Peradilan yang sangat tidak respon dan pasif tersebut dan berbagai kelemahan diatas, sehingga pendekatan pembahasan KUHAP sebagai Rancangan Prospektif yang memiliki arah Adversarial System, meski sama sekali tidak absolut, akan dirasakan dalam pembahasan buku ini. Tidak terlepas dari sisi pertanggungjawaban akademis, meskipun kapabelitas praktis tetap menjadi bahagian rangkaian yang dapat dikritisi.

Diharapkan buku ini dapat menjadi pemahaman relatif untuk menjawab segala isu hukum komprehensif, sehingga ketidakpedulian masyarakat terhadap pembangunan sistem hukum pidana dapat terminimalisasi.

Pro dan kontra terhadap rancangan KUHAP sangat progresif dalam proses sosialisasi. Harapan kesempurnaan merupakan suatu kewajaran , namun kelemahan dan kekurangan substansi buku ini akan memperkaya kewajaran tersebut, karenanya segala saran dan kritik dari pembaca akan menjadi sumbangsih pemikiran penulis tersendiri yang sangat bermanfaat.

Akhirnya, terhadap polemik Rancangan KUHAP dalam buku ini diharapkan terlontar dari komunitas hukum, baik akademisi, praktisi maupun pemerhati hukum dalam rangka memenuhi wacana pembaruan Hukum Acara Pidana yang responsif di Indonesia.

No comments:

Post a Comment