Tuesday, August 11, 2015

Jual Buku Kamus Al-Qur'an oleh Hasanain Muhammad Makhluf

Kamus Al-Qur'an oleh Hasanain Muhammad Makhluf [Hard Cover]
harga Rp 60.000
tebal v + 406 hlm
penerbit Gema Risalah Press

Berbagai metode penyusunan sebuah kamus, terlebih pada satu jenis bahasa, tampaknya kian diperlukan, Sebab dengan cara itu sebuah kamus akan sangat membantu khalayak di dalam menerangkan kata perkata meski terkadang terdapat kata-kata dalam bahasa lain yang tidak bisa diwakili oleh satu kata dalam bahasa terjemahan. Sehingga dalam hal tersebut, terpaksa diberikan semacam penjelasn, agar kata yang tak terwakili dengan bahasa terjemahan itu tepat dan sesuai dengan maksud aslinya.

Al-Quran, seperti sudah diketahui tertuang dalam bahasa Arab, yang merupakan bahasa aslinya. Sesungguhnya Kami [Allah] menurunkannya [al-Kitab] berupa al-Quran dengan bahasa Arab agar kami memahaminya [QS, 12;2]. Bahasa Arab yang mendapatkan "kehormatan" sebagai bahasa al-Quran, mau tidak mau seakan harus dikenal oleh kalangan Muslim-atau bahkan non-Muslim sekalipun. Bagaimana tidak, karena dalam banyak hal - shalat misalnya - bahasa ini digunakan oleh setiap Muslim tanpa memperdulikan jazirah dan batas teritorial. Mereka akan mengumandangkan kalimat-kalimat Takbiratul 'I-ihram sampai salam, yang seluruhnya diucapkan dengan bahasa ini, bahasa al-Quran.

Bagaimana orang-orang Arab, masalah kebahasaan al-Quran barangkali tidak menjadi masalah besar, kendati mereka tetap harus merenungkan dan mengkaji al-Quran lantaran universalitas makna dan uslub bahasa yang tak pernah tertandingi. Lebih-lebih bagi bangsa yang bahasa kesehariannya tidak menggunakan bahasa al-Quran, sudah tentu upaya untuk memahaminya harus dilakukan melalui berbagai metode yang setara sehingga kandungan al-Quran benar-benar bisa dimengerti.

Untuk itu, kehadiran sebuah buku kalimatul-Quan; tafsir wa bayan ini yang merupakan kamus kata-kata dalam al-Quran dan penafsirannya, tentu akan sangan membantu upaya diatas.

No comments:

Post a Comment